Yamaha Byson ku |
Hampir 4th Tunggangan Ane si Gembul namanya nemenin ane kemana aja bisa dibilang dia paling setia dalam perjalananku selama ini.
Sebelum ane pakai Yamaha Byson ane pakai semi bebek Yamaha Jupiter mx yang sekarang saya berikan untuk sang Ayah.
Selama ini ane memakai Yamaha Byson lumayan banyak kendala-kendalanya awal pada kabrurator dan CDI juga limit, nabung terus menerus akhirnya bisa ganti karbu dan CDI yang nngak Limit.
Kemudian muncul lagi permasalahan pada kopling dan sekarang sudah pakai mangkok kopling per 6 untuk tenaga makin Joss..
Lamaa nggak bermasalah tiba - tiba dateng lagi masalah bunyi berisik ngelitik dimesin asumsi ane udah jelek pasti turun mesin dan biaya yang lumayan besar.
Pada saat itu pas suara ngelitik muncul sewaktu ane touring ke Mesuji Lampung, ane dah khawatir takut mesin ngadat didaerah sana,Alhamdulillah ane paksa jalan bisa sampai dengan selamat ke Jakarta lagi.
Sesampainya di Jakarta mulailah tanya-tanya Mekanik apa ini,apa itu ada yang bilang Rantai keteng ganti,ada juga Klep diganti. Moment libur kerja panjang ane Bongkar sendiri periksa satu-satu dari Pelatuk Klep, Klep nya dan Rantai keteng alhasil ternyata klep dengan platuk(baut penyetel klep) sama-sama kena dan posisi jeber atau bisa di bilang penyok karena tekanan beradu sangat kencang. Ane akalin nyopot klepnya aja susah banget harus pakai bor untuk rapiin pinggir-pinggiirnya supaya oval dan bisa ditarik keluar. Penampakannya seperti ini :
Pelatuk penyetel Klep |
Penampakan Klep Byson |
Selesai bersihin kerak-kerak dimesin beranjaklah ane belanja berikut kebutuhan - kebutuhannya :
1. Beli klep in-out Rp. 95.000
2. Seal klep Rp. 35.000
3. Paking blok bawah Rp. 20.000
Belanja hanya Habis 150.000 alhamdulillah ngk terlalu banyak sob tapi tetep aja jajan dan rokoknya belum mana tanggal tua terpaksa ane ngodek tabungan huuufftt...
Selesai belanja ane pasang dibantuin temen ane lumayan ada yang disuruh ini-itu hehehe..semua sudah dibersihin kerak-kerak sudah hilang saatnya set satu persatu masang klep ternyata lebih susah ketimbang nyopotnya butuh keringat bercucuran dan waktu kurang lebih 30 menit untuk masangnya ( Maklum ane bukan Mekanik hanya sekedar tau tauan aja )
Frustasi dan emosi menjadi satu, tetep krja keras alhamdulillah bisa kepasang. Setelah semua terpasang satu-satu saatnya setel Klep pengalaman cara setelnya menurut perasaan masing-masing saja karena alat Puli nya ane ngk punya. Dengan perasaan yakin ane coba nyalain kickstater nggak keras normal berarti setelan ane anggap sukses...Breeemmm...ane test drive keliling jalan raya deket rumah, mantaap suara berisik ngelitiknya juga hilang dan tenaga kembali seperti semula.
Woooww...sangat bahagianya ane walaupun ane bukan Mekanik tapi ane berusaha bisa tau setiap masalah tunggangan ane.
Untuk para Mekanik yang baca thread ini apabila ada kesalahan ane nulis atau yang lain mohon coret-coret dikolom komentar biar ane lebih paham dan ane suka masukan dari orang lain buat bahan belajar ane.
Demikian coretan yang ane bikin semoga bermanfaat bagi sedulur sadayana se Indonesia Raya.
Terimakasih.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMantap artikelnya. Kebo sy sepertinya mengalami hal yg sama. Minta review alatnya apa aja dan kunci kukuran berapa aja rencana mau bongkar sendiri aja buat pembelajaran saya. Oh iya kebo sy keluaran th 2010. Milage masih 37 ribuan. Haturnuhun kang kemail saya kang
ReplyDeletemantap tipsnya, sangat membantu byson saya..
ReplyDeleteterapi kejantanan kaskus
Makasih bang udah mampir di blog ane..salam Byson
DeleteByson sy baru ganti blok head sempet enak lagi tpi blm lama bunyi kletek2 kalo dibawa agak jauh, sama ga tuh kasusnya bang?, mohon pencerahan suhu
ReplyDeletewah sempet peyok punya saya om, udah di oz sma ganti klep, tp ini bunyi tek tek tek tek bgtu, apaan ya , msh kpikiran rantai keteng nya , Km ny udah 101,193 😂
ReplyDeleteKweluhannya sama ni. Bang kira kira kalo d ganti apanya ya soalnya udah lumayan lama juga sekitar 7 th an.
ReplyDelete